Tips Sederhana Menyusun Buku di Dalam Rak

ByWulan Febriolita

Tips Sederhana Menyusun Buku di Dalam Rak

Tips Sederhana Menyusun Buku di Dalam Rak

Sampul Buku

  1. Menjaga Kebersihan Rak dan Buku
    Langkah pertama sebelum menyusun buku – buku kalian di dalam rak, terlebih dahulu kalian harus memperhatikan kebersihan rak dan buku kalian lits! Singkirkan kertas-kertas bekas yang tidak terpakai di dalam rak buku kalian. Untuk buku yang sudah kusam, rusak dan sudah tidak dibaca lagi lebih baik simpan di dalam kerdus sehingga tidak tercampur dengan buku baru.
  2. klasifikasikan Buku
    Agar buku terlihat lebih rapi, kalian harus mengelompokkan buku – buku tersebut di dalam rak. Klasifikasi buku bisa berdasarkan judul, genre, tinggi buku, ataupun warna sampul. Misalnya kalian meletakan  buku pelajaran, biografi, ensiklopedia di bagian bawah rak buku sedangakan buku novel, chicklit, komik dapat kalian letakan rak bagian tengah sehingga terpisah sesuai dengan genre masing – masing. Cara ini agar memudahkan kalian untuk menemukan buku yang kalian inginkan.
  3. Kelompokkan Buku Sesuai Ukuran Buku
    Cara ini dilakukan agar buku kalian lebih enak dipandang saat tersusun di rak buku. Buku dapat disusun dengan beberapa cara. Cara pertama buku dapat disusun dari yang paling tinggi ke buku yang paling rendah dari kedua sisi sehingga membentuk sebuah pola cekungan. Buku juga bisa tersusun dari ukuran besar ke ukuran terkecil biasanya tersusun dimulai dari bagian kiri ke kanan, atau dapat juga buku disusun kebalikannya dari yang paling kecil hingga ukuran paling besar. Buku dapat disusun dengan posisi berdiri agar tidak terlalu memakan banyak tempat. Letakkan buku yang paling sering kalian baca di sisi paling luar agar mudah saat mengambilnya.
  4. Tambahkan Hiasan Pada Rak Buku
    Untuk rak buku yang belum benar – benar terisi penuh dan masih ada ruang kosong yang membuat hambar saat dipandang, kalian dapat melengkapi ruang kosong tersebut dengan beberapa hiasan dan dekorasi lucu sehingga membuat rak buku kalian menjadi cantik saat dipandang. Hiasan yang bisa kalian taruh diatas rak buku bermacam – macam loh lits, kalian dapat meletakan vas bunga diatas tumpukan buku, photo frames keluarga atau pasangan kalian sehingga membuat tampilan rak buku kalian lebih berwarna dan memorable, atau kalian juga dapat meletakkan pajangan seperti jam sehingga dapat mengingatkan waktu – waktu kalian saat membaca buku dan pajangan – pajangan lucu lainnya yang membuat rak buku kalian lebih berwarna.
  5. Mencari Rak Buku Yang Berwarna atau Bermotif
    Membeli rak buku dengan warna sandar sudah sangat kuno dan membosankan. Kalian dapat membeli rak buku dengan warna – warna yang kalian sukai, dapat juga ditambahkan wallpaper bermotif agar tampilan rak buku yang kalian miliki lebih terlihat eye catching dan atraktif.

About the author

Wulan Febriolita administrator

Leave a Reply