Tips dan Trik Agar Anak Anda Gemar Membaca Buku

ByWulan Febriolita

Tips dan Trik Agar Anak Anda Gemar Membaca Buku

Tips dan Trik Agar Anak Anda Gemar Membaca Buku

7 Cara Ampuh agar Anak Gemar Membaca BukuSampul Buku – Buku merupakan jendela ilmu, maka membaca perlu dijadikan salah satu kegiatan wajib sejak anak-anak masih kecil. Sayangnya, karena berbagai alasan banyak anak tidak suka membaca. Sebagai orangtua, Anda bisa melakukan berbagai trik untuk membiasakan anak gemar membaca. Misalnya, Anda bisa membacakan buku cerita untuk anak, dan membuat kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan baginya. Berikut ini tips dan trik agar anak anda gemar membaca buku.

Bacakan Buku Untuk Anak Setiap Hari

Membacakan buku bagi anak setiap harinya dapat meningkatkan pengetahuan mereka. Sebagai orang tua, kalian harus menyempatkan waktu untuk membacakan buku 20-30 menit sebelum tidur. Biasanya anak – anak yang senang membaca buku sejak dini ternyata memiliki orang tua yang menyempatkan waktu untuk membacakan buku bersama mereka. Membacakan buku cerita pada anak juga dapat diselingi dengan tanya jawab dan diskusi kepada anak. Kegiatan ini juga dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

Beri Contoh pada Anak

Anak cenderung mengikuti perilaku orang tuanya. Maka dari itu contohkan lebih dahulu kepada anak – anak anda bahwa anda juga terbiasa membaca buku. Orang tua juga dapat mengajak anak untuk ikut membaca bersama dengannya. Dengan begitu anak anda akan menganggap bahwa membaca adalah kegiatan penting yang harus dilakukan. Jadikanlah kegiatan membaca menjadi suatu kebiasaan dirumah sehingga dapat membuat anak anda menjadi terbiasa dan akan melakukan kegiatan membaca dengan sendirinya tanpa disuruh.

Ajak Anak ke Perpustakaan atau Toko Buku

Mulai ajak anak anda ke perpustakaan atau toko buku setiap pekan. Dari sanalah anak akan terbiasa melihat buku. Beri kebebasaan anak anda untuk memilih buku yang mereka sukai. Dengan membiarkan anak memilih buku sendiri maka anak akan lebih semangat saat membacanya nanti, namun sebagai orang tua kita juga harus tetap mengawasi anak untuk memilihi buku yang mereka pilih agar topik yang dipilih sesuai dengan usianya.

Minta Anak untuk Bercerita Tentang Apa yang Sudah Dibacanya

Minta anak menceritakan apa yang mereka baca, ajukan beberapa pertanyaan agar dapat memicu sang anak untuk berani bercerita. Dengan banyak bertanya anda juga dapat mengajarkan anak anda untuk bersifat kritis. Gunakan cara – cara kreatif agar anak senang saat bercerita. Komunikasi antara orang tua dan anak saat meminta mereka untuk bercerita adalah hal yang berpengaruh dalam menumbuhkan minat baca sang anak.

Belikanlah Anak Buku yang Ia Sukai

Sebagai orang tua kita harus mengetahui apa yang anak – anak suka. Cari taulah buku yang dapat menarik minta baca anak anda. Belikan dan fasilitasi anak anda dengan buku favoritenya agar dapat mendorong kecintaannya terhadap buku. Hindari memaksa anak untuk membaca buku yang tidak mereka sukai. Jika membelikan buku yang mereka sukai maka memungkinkan buku tersebut akan mereka baca berulang kali.

Baca juga: 14 Tips Efektif Baca Buku yang Membosankan Jadi Asyik

Batasi Anak Anda

Batasi anak anda untuk hal – hal yang menjauhkan mereka dengan sebuah buku, misalnya bermain games, menonton televisi, bermain gedget dsb. Hal – hal tersebut bukan untuk dilarang namun suatu kegiatan yang harus anda batasi waktunya agar waktu anak – anak dapat dialokasikan untuk membaca buku.

Ciptakan Ruang Baca Buku di Rumah

Sebuah lingkungan yang nyaman dan ramah untuk membaca sangat penting bagi menumbuhkan minat baca anak. Jika memungkinkan, anda dapat membuat perpustakaan kecil di rumah. Tidak harus mewah, anda dapat membuat yang sederhana terlebih dahulu namun dengan ruangan yang rapi, bersih, serta pencahayaan yang cukup. Pastikan di ruang perpustakaan itu kedap suara tidak terdapat gangguan seperti televisi atau suara – suara anggota keluarga lainnya.

About the author

Wulan Febriolita administrator

Leave a Reply