Pengelolaan Dokumen Akutansi Dalam Perusahaan

ByWulan Febriolita

Pengelolaan Dokumen Akutansi Dalam Perusahaan

Pengelolaan Dokumen Akutansi Dalam Perusahaan

Tahap Pencatatan Dalam Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa - Kelas PintarSampul Buku – Akuntansi menurut  American Accounting Association (AAA) adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi pihak pemakai informasi. Sedangkan akuntansi menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) adalah proses pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi kejadian yang tepat (berdaya guna) dalam bentuk satuan uang dan penafsiran hasil dari proses tersebut. Berikut ini cara pengelolaan dokumen akuntansi dalam perusahaan.

Pengelolaan Dokumen Akutansi Dalam Perusahaan

Sebagai gambaran untuk menghasilkan laporan penjualan, transaksi, retur, kuantitas penjualan dan lain sebagainya semua dicatat dan disimpan dalam sebuah dokumen fisik ataupun dokumen digital, dimana nantinya dokumen ini akan dijadikan bukti sah atas proses terjadinya proses kegiatan tersebut.

Tahapan dalam sebuah sistem akutansi antara lain sebagai berikut :

  • Bagaimana mengetahui secara pasti mengenai dokumen bukti transaksi yang digunakan oleh perusahaan, baik itu mengetahui jumlah fisik maupun non fisik serta data penting lainnya yang berhubungan dengan transaksi perusahaan.
  • Bagaiman mengelompokkan juga mencatat data yang ada seperti dokumen bukti transaksi kedalam catatan – catatan akutansi yang ada.
  • Bagaimana menyimpulkan informasi yang ada dalam catatan akutansi dan dibentuk menjadi laporan – laporan bagi pihak manajemen dan bagian lainnya yang memiliki kepentingan, sehingga menjadi informasi yang mudah dicerna dan valid.

Pengelolaan Dokumen Akutansi Dalam PerusahaanTujuan dari adanya sistem akutansi adalah untuk menyediakan informasi keuangan bagi pihak yang berkepentingan, untuk memperbaiki informasi dari sistem yang sudah ada,untuk pengendalian akutansi, serta untuk mengefisienkan pengeluaran dan pendapatan biaya – biaya perusahaan. Dengan begitu terdapat manfaat besar pada Pengelolaan Dokumen Akutansi Dalam Perusahaan yang secara langsung mampu memberikan efek yang sangat besar bagi berjalannya roda perusahaan.

Dilihat dari fungsi dan tujuannya maka sebuah pengelolaan dokumen akutansi memerlukan sebuah sistem yang efektif dan efisien. banyaknya dokumen – dokumen yang dihasilkan perharinya dalam sebuah manajemen akutansi akan menjadi sebuah masalah jika tidak dilakukan dengan benar.

Pengelolaan Dokumen Akutansi Dalam PerusahaanUntuk itu diperlukan sebuah sistem pengelolaan dokumen yang mampu mengelola semua dokumen akutansi yang ada, dalam hal ini untuk pengelolaan dokumen akutansi yang berupa fisik, penggunaan – penggunaan lemari arsip yang mempunyai kapasitas besar menjadi sebuah keharusan, dengan menggunakan lemari arsip berkapasitas besar selain akan melindungi dokumen akutansi dari berbagai ancaman juga mampu mensentralisasi penyimpanan dokumen.

Untuk pengelolaan dokumen dalam bentuk digital penggunaan Document Management System (DMS) merupakan solusi yang patut dipertimbangkan, bagaimana tidak dengan menggunakan DMS ini maka akan memudahkan seorang akuntan dalammengelola dokumen keuangan nya dengan aman dan efektif.

About the author

Wulan Febriolita administrator

Leave a Reply