Memo Dan Nota Dinas

ByWulan Febriolita

Memo Dan Nota Dinas

Memo Dan Nota Dinas

Pengertian, contoh, dan format nota dinasSampul BukuDi dalam surat dinas pemerintahan atau resmi, memo juga dikenal sebagai nota dinas. Terkadang, ada juga yang menyebutnya sebagai memorandum. Memo sebagai nota dinas pemerintah merupakan jenis surat yang biasa digunakan dalam suatu kantor atau organisasi secara intern. Secara umum, memo digunakan untuk mencari atau menyampaikan informasi serta petunjuk secara singkat dan tertulis yang dilakukan antar pejabat kantor. Memo juga bisa digunakan untuk menyebut suatu surat khusus yang digunakan sebagai sarana menyampaikan pesan atau pengingat antar pejabat dalam lingkungan instansi atau lembaga tertentu. Berikut ini memo dan nota dinas.

MEMO

Contoh Memo DinasMemo berasal dari kata memorandum, karena bersifat memory maka memo dapat dibuat secar horizontal, vertikal, ataupun
diagonal.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
1.Perhatikan format baku yang ada pada organisasi ybs.
2.Perhatikan kepada siapa memo tersebut ditujukan.

NOTA DINAS

Contoh Format Nota Dinas ~ Secercah IlmuNota berasal dari kata note, karena bersifat catatan maka nota biasanya diberikan atasan kepada bawahan.

Menurut pengertiannya:

Alat komunikasi intern antar pejabat satuan organisasi yang memuat atau berisi pemberitahuan, permintaan, penjelasan, laporan dsb. Berisi tentang catatan singkat tentang pokok2 persoalan.

Menurut fungsinya:

Akan dijadikan bukti hukum untuk setiap tindakan yang di ambil suatu organisasi. Sifatnya catatan tentang hal-hal yang harus dilakukan.

Menurut jangka waktunya:

Memiliki jangka waktu panjang

Menurut kedudukannya:

Nota dinas dibuat oleh pejabat dalam melaksanakan tugas guna menyampaikan laporan, pemberitahuan, pernyataan, permintaan, atau penyampaian kepada pejabat lain

About the author

Wulan Febriolita administrator

Leave a Reply