Membuat Cover Buku untuk Pemula Lewat 5 Pilihan Aplikasi Ini

ByWulan Febriolita

Membuat Cover Buku untuk Pemula Lewat 5 Pilihan Aplikasi Ini

Membuat Cover Buku untuk Pemula Lewat 5 Pilihan Aplikasi Ini

Wallpaper : 1280x853 px, buku-buku, kamera, Layar komputer, kaca, keyboard,  bahasa, laptop, MacBook, smartphone 1280x853 - 4kWallpaper - 1337079 - HD  Wallpapers - WallHere

Sampul Buku – Hal pertama yang banyak diperhatikan oleh para pembaca potensial ketika melihat sebuah buku bukan tulisannya, melainkan cover atau sampulnya. Sayangnya, sampul buku bukanlah bagian dari buku yang kita tidak punya andil dalam pembuatannya. Tujuan utama sampul buku adalah untuk meyakinkan pembaca potensial untuk melirik buku yang dilihatnya.

1. Canva, populer, online, dan mudah

Membuat Cover Buku Canva-

Canva kini merupakan salah satu aplikasi desain yang paling populer. Itu karena Canva menyediakan semua kebutuhan desain yang ada, dari poster, spanduk, undangan, brosur, kartu nama, dan lain-lain termasuk desain cover buku.

Canva adalah aplikasi desain grafis yang bisa dijangkau melalui aplikasi di ponsel maupun webnya di canva.com. Canva didirikan oleh Melanie Perkins pada 2012 yang sebelumnya juga seorang pendiri penerbit buku ternama yaitu Fusion Books di Australia.

Nah, jika kita ingin membuat cover buku sendiri, maka kita bisa mencoba aplikasi Canva atau langsung kunjungi situs webnya. Saat berada di situs web Canva, cari kolom pencari dan ketikkan “book cover” atau “sampul buku”. Lalu kita akan menemukan banyak sekali desain yang sudah tersedia.

Kita bisa langsung mengedit dan menyimpannya dalam berbagai format seperti JPG, PNG, dan PDF.

2. PosterMyWall, menyediakan banyak pilihan gambar

Membuat Cover Buku PosterMyWall--

Selain melalui aplikasinya, PosterMyWall juga dapat digunakan di situs webnya. PosterMyWall memiliki fitur yang sama seperti Canva, yaitu sama-sama menyediakan desain-desain cover buku yang dapat dengan mudah kita temukan di kolom pencari.

Yang spesial, PosterMyWall juga terhubung dengan Getty Images, Pixabay, dan Flickr, sehingga kita tidak akan kehabisan gambar-gambar menarik untuk desain yang dibutuhkan. Gambar-gambar seperti apa itu? Seperti matahari terbenam, siluet seseorang, atau lokasi ikonik dari seluruh dunia, dan gambar-gambar lain yang kita butuhkan.

Namun untuk mendapatkan foto dengan resolusi dan kualitas yang tinggi, kita perlu sedikit merogoh kantong. Namun versi gratisnya tetap bisa kita download, dengan resolusi kecil. Walaupun beresolusi kecil, namun beberapa di antaranya juga bagus. Jadi, pintar-pintar kita memilih saja.

3. Placeit, satu tempat tak perlu ke mana-manaMembuat Cover Buku Placeit

Mungkin Placeit tidak tampak seperti Canva secara fitur, tetapi Placeit menyediakan berbagai macam model cover buku yang dapat dimodifikasi lagi dan tetap dengan gayanya sendiri. Untuk menggunakannya, kita dapat mengunjungi situs web Placeit.

Menariknya, Placeit menyediakan fitur yang memudahkan kita untuk dapat memilih desain cover buku sesuai dengan genre buku.

Placeit juga mempunyai berbagai jenis foto, grafis, dan ilustrasi yang membantu kita membuat cover buku dalam satu tempat tanpa harus meninggalkan situs Placeit. Tertarik mencobanya?

4. GIMP, sepenuhnya gratis dan mirip Photoshop

Membuat Cover Buku GIMP

Apa yang menarik dari aplikasi simpel untuk membuat cover buku bernama GIMP? Ya, GIMP sepenuhnya gratis.

Untuk mengaksesnya, kita bisa mengunduh aplikasi GIMP di Play Store/App Store atau melalui situs webnya untuk versi desktop.

Gambar-gambar yang GIMP sediakan pun tidak dibanderol harga, bahkan dengan resolusi yang tinggi.

GIMP memiliki fitur yang menyerupai Photoshop. Sehingga kalau kamu pernah menggunakan Photoshop, GIMP akan terasa familiar.

Keuntungannya, sekali kita bisa menggunakan GIMP, kita akan lebih leluasa untuk membuat cover buku ketimbang menggunakan aplikasi yang sudah menyediakan template atau desain-desain yang tersedia.

5. Blurb BookWright, cocok untuk membuat cover buku, majalah, dan seni dekorasi dinding

Membuat Cover Buku Blurb BookWright

Mungkin terlihat aneh jika aplikasi desain tidak memberi kita tampilan yang estetis. Tapi tak perlu khawatir, dengan mengunjungi situs Blurb BookWright, kita dapat membuat cover buku melalui tampilannya yang estetis.

Untuk mencobanya, kita dapat mengunduh aplikasi ini gratis untuk versi desktop di situs web Blurb Bookwright. Aplikasi Blurb BookWright memiliki konsep yang menggabungkan penyedia template dan Photoshop, dan tentunya lebih mudah untuk digunakan daripada yang kita bayangkan.

Banyak orang kembali ke Blurb untuk membuat kembali cover buku interior serupa dengan cover bukunya. Aplikasi ini sangat berguna untuk desain-desain yang membutuhkan gambar dengan resolusi tinggi seperti buku masak dan buku fotografi sajian kopi, misalnya.

Selain untuk membuat cover buku, Blurb BookWright juga merupakan aplikasi spesialis untuk membuat desain majalah dan seni dekorasi dinding.

About the author

Wulan Febriolita administrator

Leave a Reply