Kegunaan Formulir Administrasi & Keuangan Perusahaan

ByWulan Febriolita

Kegunaan Formulir Administrasi & Keuangan Perusahaan

Kegunaan Formulir Administrasi & Keuangan Perusahaan

Form DGT 1: Fungsi, Ketetapan Pengisian, dan Dasar HukumnyaSampul Buku – Laporan keuangan adalah merupakan laporan yang menunjukan kondisi finansial suatu entitas pada suatu periode tertentu. Hal ini terkait dengan beberapa format, contoh, macam macam dan jenis-jenis laporan keuangan perusahaan. Memahami kondisi keuangan dengan laporan yang ada, Anda dapat memantau perkembangan bisnis Anda. Berikut ini kegunaan formulir administrasi & keuangan perusahaan. Yuk simak penjelasnnya.

Pengertian formulir

Formulir adalah lembaran kartu/kertas dengan ukuran tertentu yang didalamnya terdapat data/informasi yang bersifat tetap  dan juga bagian lain yang diisi dengan bagian yang tidak tetap

Dalam hal Administrasi dan Keuangan Perusahaan, formulir berfungsi sebagai dokumen yang memiliki kekuatan untuk membantu pihak-pihak yang terlibat dalam menetapkan tanggung jawab dan merekam transaksi bisnis perusahaan.

Tidak efisiensinya suatu formulir dapat disebabkan oleh beberapa factor, seperti:

Formulir seringkali dibuat melalui prosedur yang salah. Sementara mengingat fungsinya dalam merekam transaksi bisnis, kesalahan dalam prosedur pembuatan bisa mempengaruhi kekuatan rekaman transaksi. Hal itu juga bisa terjadi jika formulir tersebut sulit untuk diisi.

Hal lain yang seringkali terjadi dalam pembuatan formulir adalah unsur mubasir seperti memuat informasi yang tidak dibutuhkan. Dalam hal perlakuan terhadap formulir, adakalanya keberadaan formulir itu dianggap sepele sehingga formulir tersebut dibiarkan tumpang tindih dengan yang lain. Akibatnya saat data yang ada di formulir tesebut dibutuhkan, formulir yang dimaksud butuh waktu untuk ditemukan.

Fungsi Formulir dan Fungsi Laporan - ujiansma.comKesalahan lain yang cukup riskan adalah ketika instruksi formulir kadang tidak lengkap dan tidak jelas. Kesalahan itu tentu berdampak pada tidak maksimalnya pengguna formulir dalam mendapatkan fungsi formulir. Kejadian demikian kadangkala juga disebabkan oleh desain formulir tidak standar.

Menilik dari manfaat besar dari formulir dan laporan ini, akan lebih baik jika ia dirancang sedemikian kian rupa agar berfungsi maksimal bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Apalagi ketika berbagai formulir dan laporan disatukan dalam satu tempat yang sama. Maksimalnya perwajahan Formulir Administrasi dan Keuangan Perusahaan ini, akan memberi berbagai manfaat apalagi jika perwajahannya dirancang per-divisi/departemen, sehingga akan mengurangi kemungkinan kesalahan dalam pencatatan transaksi dan laporan.

About the author

Wulan Febriolita administrator

Leave a Reply