Bagaimana Cara Meresensi Buku dengan Baik dan Benar

ByWulan Febriolita

Bagaimana Cara Meresensi Buku dengan Baik dan Benar

Bagaimana Cara Meresensi Buku dengan Baik dan Benar

Resensi Buku - Pahamify | Teman Persiapan UTBKSampul Buku – apakah kamu sudah pernah mendengar istilah resensi?. Atau bahkan kamu pernah diminta guru untuk meresensi isi buku favorit kamu di kelas?. Masih banyak yang belum mengenali apa itu resensi. Nah bagaimana cara meresensi buku dengan baik dan benar?. Yuk simak artikelnya.

Menentukan Buku yang Akan Diresensi

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menentukan genre dan jenis buku yang akan kalian resensi. Buku yang pantas dan layak untuk di resensi  memiliki beberapa persyaratan. Diantaranya adalah :

  • Buku yang memiliki kualitas baik
  • Buku yang belum pernah di resensi sama sekali
  • Buku terbitan baru
  • Buku yang membahas mengenai persoalan – persoalan aktual dan nyata

Mencatat Identitas Buku

Langkah selanjutnya kalian harus menuliskan identitas buku yang akan kalian resensi. ketika ingin menulis tanda pengenal dari buku tersebut yang harus kalian perhatikan adalah judul, penulis buku tersebut, penerbit, nama kota penerbit, cetakan, jumlah halaman pada buku, dan harga buku. Point – point ini penting untuk memberikan gambaran kepada orang yang akan mencari resensi buku baru.

Bagaimana Cara Meresensi Buku dengan Baik dan Benar? Cek yuk!

Ikhtisar Buku

Ikhtisar merupakan bentuk rangkuman sebuah buku. Ikhtisar buku disusun berdasarkan pokok – pokok yang terkandung dalam buku. Untuk menentukan pokok – pokok buku fiksi dan nonfiksi tentu berbeda. Untuk pokok dan isi rangkuman buku fiksi/novel dapat ditentukan berdasarkan peristiwa dan kejadian penting pada buku tersebut sedangkan untuk buku nonfiksi merangkum secara garis besar mengenai penjelasan tentang isi buku tersebut.

Kepengarangan

Pengarang seringkali dikisahkan di dalam buku tersebut. Ini dapat berkaitan dengan latar belakang, keahlian, sikap, dan karya – karya yang dibuat olehnya. Masing – masing bagian dikisahkan secara ringkas biasanya tidak melibihi satu paragraf. Biasanya bagian kepengaran ini akan dicantumkan dibagian halaman pertama atau halaman belakang dari sebuah buku, dari sana kalian dapat meringkas kepengarangan dari buku yang ingin kalian resensikan. Namun untuk pengarang yang sudah terkenal kalian dapat mencari informasi mereka langsung dari internet dan sumber -sumber lainnya.

Menjelaskan Kelebihan dan Kekurangan Buku

Cara Meresensi Buku dengan Baik dan Benar - Kelasqu.idJika ingin meresensi buku, penulis harus dapat menulis kelebihan dan kekurangan pada buku tersebut. kelebihan dan kekurangan pada buku dapat berkaitan dengan unsur – unsur buku tersebut. Ketika kalian sedang merangkum sebuah buku, maka kalian juga harus dapat menilai buku yang kalian rangkum. Penilaian pada buku harus dilakukan secara jujur dan objektif. Unsur – unsur yang dapat kamu berikan penilaian pada buku yang ingin di resensi seperti kejelasan, kekhasan, penguasaaan masalah, dsb.

Menulis Resensi Secara Lengkap

Ini adalah langkah terakhir dalam meresensi sebuah buku. Setelah kalian memperoleh data yang lengkap, selanjutnya data tersebut kalian rangkum ke dalam satu tulisan yang padu. Selain itu jangan lupa untuk mencantumkan sebuah rekomendasi atas kelayakan dan kepantasan buku tersebut untuk para pembaca.

About the author

Wulan Febriolita administrator

Leave a Reply