Tips Menyimpan Dokumen dan Surat Berharga

Byririn damayanti

Tips Menyimpan Dokumen dan Surat Berharga

Setiap orang pasti memiliki dokumen penting maupun serta berharga baik milik pribadi maupun milik bersama, contohnya Akta Kelahairan, Kartu Keluarga, Ijazah, Passport sampai dengan Surat Tanah. Dokumen-dokumen penting ini biasanya terbuat dari kertas, yang mana mudah rusak, penyebabnya antara lain mulai dari terkana air, pengaruh suhu, rayap, terkena matahari langsung dan lain sebagainya.

Tips Menyimpan Dokumen

  1. Fotokopi dan Scan Dokumen

Setelah menerima dokumen penting, sebaiknya anda melakukan scan dokumen dan memfotokopi dokumen tersebut. Hal ini bertujuan agar saat memerlukan dokumen tersebut, Anda tidak harus mengeluarkan yang asli, sehingga mengurangi risiko hilangnya dokumen, dan jika terjadi kerusakan / kehilangan, Anda akan lebih mudah melakukan pengurusan pembuatan dokumen yang baru.

  1. Laminasi

Untuk mengatasi masalah kertas yang mudah rusak, basah, atau terlipat, Anda dapat  melapisi dokumen dengan plastik khusus yang akan dipanaskan, sehingga dokumen terlindung dan tidak cepat rusakn atau biasa disebut dengan laminasi.

  1. Menyimpan di Sampul Map

Anda bisa memberikan Sampul Map pada dokumen penting dan surat berharga seperti Map untuk ijazah, raport, sertifikat, passport, dan lain sebagainya agar dokumen dan surat berharga tersebut aman dari kerusakan karena air, kotor, atau karena rayap.

  1. Beri Label Nama pada Map

Jangan lupa untuk memberi label nama pada setiap map. Misalnya dengan stiker label, tuliskan “Sertifikat Tanah”. Label ini akan memudahkan pencarian dokumen.

  1. Brankas atau Lemari Penyimpanan

Setelah dokumen Anda tersusun rapi dlam map. Jangan sebarluaskan tempat penyimpanan dokumen kepada sembarang orang, beritahukan saja kepada keluarga inti. Untuk memilih tempat penyimpanan dokumen, Anda bisa memilih brankas atau hanya sekadar lemari penyimpanan biasa bahakan beberapa orang menyimpannya di bawah tempat tidur..

Ada beberapa jenis brankas yang tersedia. Namun karena fungsi brankas untuk melindungi dokumen dari pencurian dan kebakaran, jadi pilihlah brankas Fire Safes atau Fires and Burglar Safes.

  1. Taruh Kamper atau Silica Gel

Untuk mengurangi resiko kerusakan dokumen, Anda bisa menaruh kamper, kapur barus, atau silica gel. Ketiga benda tersebut dapat menyerap lembab.

Jangan menyepelekan cara menyimpan dokumen penting yang Anda miliki karena jika terjadi kerusakan pada dokumen tersebut, Anda sendiri yang akan mengalami kesulitan, dengan menerapkan cara diatas Anda dapat menyimpan dokumen Anda dengan lebih aman dalam waktu yang lama dan dapat dengan mudah untuk menemukannya.

 

About the author

ririn damayanti administrator

Leave a Reply