Teknik-Teknik Jilid Buku dan Dokumen #2

ByTantri Ayu Wardani

Teknik-Teknik Jilid Buku dan Dokumen #2

Teknik-Teknik Jilid Buku dan Dokumen #2


Jilid Lem Panas (Perfect Binding)

Teknik jilid lem panas, sering digunakan untuk menjilid buku yang tebal. Kelebihan teknik jilid lem panas yaitu lebih kuat dibanding teknik jilid yang lain. Jilid lem panas, dapat dikombinasikan dengan teknik jilid lain, yaitu jilid benang atau jilid kawat.

 

Tape Binding

Teknik jilid ini menggunakan tape atau lakban hitam yang ditempel pada bagian tepi buku. Harga jilid ini cukup murah dan sering digunakan oleh anak-anak kuliah atau orang yang ingin menghemat biaya. Kelemahan dari teknik tape binding yaitu tidak awet alias mudah lepas jika lakbannya kurang lengket.

 

Screw Binding

Teknik jilid screw binding dilakukan dengan cara melubangi kertas dari depan hingga belakang kemudian memasukkan sekrup ke dalamnya lalu dikunci. Teknik ini sering digunakan untuk buku panduan warna.

 

Hardcover/Case Binding

Jilid hardcover dilakukan dengan cara menyusun buku yang telah dijahit sebelumnya lalu dilem pada bagian ujung kertas dan ditempelkan lagi pada punggung sampul hardcover. Teknik jilid hardcover merupakan standar yang sering dipakai pada penyusunan skripsi, karya ilmiah atau tugas akhir. Penggunaan hardcover pada buku juga bisa meningkatkan image buku tersebut.

 

Plastic Grip

Plastik penjepit merupakan bahan utama dari teknik penjilidan ini. Cara penjilidan ini cukup sederhana dan mudah yaitu dengan menyusun dokumen lalu dijepit di antara plastik hingga mencakup keseluruhan dokumen. Teknik ini dapat dikombinasikan dengan teknik side stitching atau men-staples bagian tepi dokumen sebelum dijepit agar lebih kuat.

 

Jilid Spiral (Comb Binding)

Jilid spiral dengan bahan plastik biasa digunakan untuk penjilidan dokumen yang tidak terlalu tebal (di bawah 100 halaman). Biasanya, pada bagian sampul depan dan belakang ditambahi dengan lapisan plastik mika atau kertas berwarna agar terlihat lebih manis.

 

Jilid Spiral (Coil Binding)

Berbeda dengan teknik jilid spiral sebelumnya, kali ini bahan yang digunakan terbuat dari coil. Jika menggunakan teknik jilid spiral, perhatikan jarak antara isi dengan tepi yang akan dijilid, agar teks atau gambar tidak terambil lubang spiral. Jenis dokumen yang cocok dengan teknik jilid spiral, misalnya lampiran untuk presentasi, kalender, katalog, dan lainnya.

 

Jilid Spiral (Wire O/Twin Loop Wire Binding)

Ciri khas dari teknik wire o bound yaitu bentuk kawatnya yang saling berpasangan. Dengan teknik ini, kertas atau isi buku memungkinkan untuk dibuka secara penuh. (bitebrands)

SAMPUL MAP IJAZAH RAPORT KURTILAS – Kami produsen sampul map ijazah dan raport yang sudah berpengalaman lebih dari satu dekade, kami sudah menangani berbagai sekolah, kampus/universitas, instansi dari berbagai wilayah nusantara. Kapasitas mesin pabrik kami sudah masuk dalam standar tender. Untuk Pemesanan KLIK! DISINI http://bintangnusantaramap.com/ | HOTLINE: (022) 6037483 / 081322422522 | E-mail: bintangnusantaramap@gmail.com

About the author

Tantri Ayu Wardani author

Leave a Reply