Persiapan Sebelum Menulis Ijazah

Byniken swastika

Persiapan Sebelum Menulis Ijazah

Menulis ijazah adalah hal yang paling menegangkan karena diharuskan meminimkan kesalahan pada penulisannya. Nah, untuk menulis ijazah yang baik dan benar dibutuhkan persiapan- persiapan yang harus diperhatikan. Apa saja? Yuk mari kita intip ulasannya 😉

Berikut beberapa persiapan – persiapan yang harus diperhatikan sebelum menulis ijazah :

Blangko contoh ijazah yang terisi data lengkap
Lebih baik hindari data yang terpisah-pisah kalau sudah mau menulis ijazah. Seperti nama melihat di akta kelahiran, nilai melihat lembaran lain, nomor ujian di lainnya lagi. Takutnya tidak fokus sehingga menyebabkan salah input.

Untuk itu, cetaklah satu lembar contoh ijazah yang sudah terisi data lengkap siswa (lihat gambar bawah). Aplikasi olah nilai ijazah seperti ini banyak tersebar di internet. Anda bisa mencarinya dengan mudah.

Pulpen terbaik
Tidak ada anjuran pulpen merk apa yang terbaik dipakai menulis ijazah. Pun dengan ukurannya. Di dalam juknis hanya tertera begini,

“. . . ditulis dengan huruf yang benar, jelas, rapi, bersih, dan mudah dibaca memakai tinta hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus”
Jadi anda bisa mengira-ngira sendiri berapa ukuran yang pas serta pulpen jenis apa yang tepat. Kalau saya memakai Drawing Pen DR ukuran 0.5 untuk menulis nama siswa di bagian depan ijazah, ukuran 0.3 untuk nama siswa bagian belakang ijazah dan nama kepala sekolah, dan ukuran 0.2 untuk selainnya.

Waktu, tempat, suasana
Tiga hal itu menurut saya penting direncanakan sebelum menulis ijazah. Fokus serta konsentrasi menulis ditentukan oleh kapan anda menulisnya, dimana tempatnya, serta bagaimana suasana sekitar anda.
Tiap orang berbeda, jadi anda bisa menentukan sendiri. Namun kalau bisa hindari menulis ijazah di sekolah. Apalagi saat jam mengajar. Memaksakan diri menulis di sela-sela mengajar akan beresiko pecah konsentrasi. Akibatnya anda berpotensi besar salah dalam penulisan. Tidak ada bedanya sekalipun anda menyendiri dalam satu ruangan.
Sebaiknya memilih saat-saat yang tenang di rumah, saat tidak ada pekerjaan lain yang perlu anda pikirkan, serta tidak ada yang mengganggu anda.

Mental dan kepercayaan diri
Nah, ini yang penting dari semuanya. Memang butuh waktu, tapi yakinkan diri anda begitu muncul rasa was-was, takut  salah. Anda dipercaya, berarti anda mampu. Toh kalau salah, itu bukan tanpa solusi. Memang harus menunggu beberapa waktu untuk mendapat blangko baru, dan penyerahan ijazah terpaksa ditangguhkan. Tapi memang perlu ada jaminan kepada anda jika memang tanpa sengaja salah tulis. Siapapun bisa salah dalam tugas ini.

Nah, bagaimana sudahkah kalian mempersiapkan semuanya sebelum menulis ijazah? 😉

BINTANG NUSANTARA MAP – SAMPUL MAP IJAZAH RAPORT KURTILAS Kami produsen sampul map ijazah dan raport yang sudah berpengalaman lebih dari satu dekade, kami sudah menangani berbagai sekolah, kampus/universitas, instansi dari berbagai wilayah nusantara. Kapasitas mesin pabrik kami sudah masuk dalam standar tender. Untuk Pemesanan KLIK DISINI | HOTLINE: (022) 6037483 / 081322422522 | E-mail: bintangnusantaramap@gmail.com

 

About the author

niken swastika administrator

Leave a Reply