Jenis Jenis Laminasi Dokumen

ByKrestiana Dwi Adriyani

Jenis Jenis Laminasi Dokumen

Agar dokumen tidak rusak dimakan serangga, terkena air dan sobek sebaiknya dilaminating plastik. Ijazah, piagam penghargaan, KK, dan akta kelahiran adalah contoh dokumen yang wajib Anda laminating.

Sebelum di copy, sebaiknya dokumen dokumen berharga Anda di laminating terlebih dahulu menggunakan mesin laminating. Berikut Jenis-jenis laminasi untuk menyimpan dokumen.

Laminasi Doff

Metode Laminasi Doff adalah jenis laminasi yang menghasilkan lapisan plastik yang berwarna gelap dan tidak mengkilap. Teknik Laminasi Doff mempunyai kesan yang elegan, mewah dan eksklusif.Jenis laminasi ini sering digunakan untuk melaminasi produk seperti buku, majalah, undangan, kertas, surat, dan yang lainnya.

Laminasi Glossy

Metode Laminasi Glossy adalah jenis laminasi yang mempunyai karakter berseberangan dengan Laminasi Doff. Kok bisa gitu ? Laminasi Glossy akan menghasilkan lapisan plastik yang berwarna mengkilap pada sebuah produk yang dilapisinya. Jenis laminasi Glossy juga tekstur yang licin ketika disentuh. Laminasi Glossy sering digunakan untuk melapisi permukaan produk seperti, Sticker, Poster, Pamfleat, dan masih banyka lagi.

Laminasi Window

Laminasi Window adalah laminasi yang mempunyai fungsi untuk membuat kemasan transparan / dalamnya kelihatan. laminasi Window digunakan pada kemasan sebuah produk yang mempunyai area terbuka. Yang mana area terbuka tersebut akan ditutup dengan plastik laminasi yang transparan.

Sehingga kemasan akan tertutup dengan optimal, namun tetap dapat menampilkan produk yang ada didalamnya. Laminasi Window banyak digunakan atau dimanfaatkan pada kemasan Roti, Mainan, Makanan, Alat Elektronik, dan pengemas kemasan lainnya.

Laminasi Spot Uvi

Metode Laminasi Spot Uvi adalah jenis laminasi yang hampir sama dengan jenis laminasi Glossy yakni mampu menghasilkan lapisan permukaan berwarna yang mengkilat. Hanya saja  Spot Uvi hanya digunakan untuk area tertentu sedangkan Laminasi Glossy digunakan untuk seluruh permukaan benda.

Laminasi Spot Uvi banyak digunakan pada benda tertentu seperti Undangan. Terkadang ada jenis undangan yang terdapat sebuah tulisan atau gambar yang memiliki warna yang lebih mengkilap dibandingkan permukaan lainnya. Itulah salah satu contoh benda yang  mendapat lapisan laminasi Spot Uvi.

About the author

Krestiana Dwi Adriyani administrator

Leave a Reply