Cara Merawat dan Menyimpan Ijazah

ByTantri Ayu Wardani

Cara Merawat dan Menyimpan Ijazah

Melamar suatu pekerjaan atau mengajukan permohonan tertentu pada suatu perusahaan biasanya harus diikut sertakan beberapa lembar lampiran berisi berkas-berkas pendamping. Berkas-berkas ini terlihat sangat sepele, namun jika Anda tidak bisa melampirkannya, maka jangan heran jika Anda ditolak. Menyimpan berkas bukanlah perkara yang mudah.

Banyak orang, bahkan perempuan yang disinyalir lebih teliti ketimbang pria, yang menyimpan berkas-berkas mereka dalam tempat yang tidak tertata rapi dan tidak teratur. Sehingga ketika suatu saat Anda membutuhkannya, Anda harus pusing berkeliling rumah dan mengacak barang-barang lama hanya untuk menemukan satu lembar dokumen yang entah dimana. Untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya Anda lakukan beberapa hal ini.

Siapkan Dokumen Keeper

Dokumen keeper ini bisa berupa sebuah amplop maupun map besar, atau map khusus yang didalamnya terdapat plastik-plastik untuk menyimpan berkas. Anda bisa memasukkan berkas-berkas Anda seperti ijazah mulai dari TK, SD, SMP, SMA hingga kuliah, kemudian sertifikat dan piagam, akta kelahiran, kartu keluarga, bahkan Anda juga bisa memasukkan buku tabungan dan slip gaji Anda tiap bulan sebagai pembukuan. Dokumen keeper ini digunakan untuk menyimpan semua berkas penting tanpa terkecuali.

Bagi keluarga dengan anggota yang banyak, sebaiknya siapkan dokumen keeper lebih dari satu. Lebih baik lagi apabila sejumlah anggota keluarga yang berbeda dengan motif atau warna dikumen keeper yang berbeda. Hal ini mencegah tercampurnya dokumen anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya.

Tempatkan Dalam Wadah Khusus

Anda harus memberikan satu tempat khusus untuk menyimpan semua dokumen keeper yang Anda miliki. Misalkan dalam satu keluarga memiliki 4 dokumen keeper yang masing-masing untuk ayah,ibu dan dua orang anak, harus ditempatkan ditempat yang sama, misalkan di lemari bagian atas milik ibu atau tempat lain yang bisa tersembunyi. Hal ini berfungsi untuk bisa saling mengingatkan pada para anggota jika salah satunya mencari berkas dan orang tua lebih bisa menyimpan barang berharga dibandingkan dengan anak-anak.

Memperbanyak Dokumen

Cara aman yang utama adalah dengan memperbanyak dokumen yang Anda miliki secepatnya. Caranya, dengan difoto kopi atau discanner. Simpan dokumen kopian ini dengan baik di lemari Anda atau tempat aman lainnya. Untuk dokumen yang discanner bisa disimpan di flash disk, CD atau komputer.

Penggandaan dokumen ini sangat penting manfaatnya. Jika sewaktu-waktu dokumen yang asli rusak, hilang maka Anda bisa mengurus lagi dengan cepat. Adanya dokumen kopian ini akan memudahkan pengurusan untuk mendapatkan dokumen pengganti.

Laminating 

Agar dokumen tidak rusak dimakan serangga, kena air dan sobek sebaiknya dilaminating plastik. Ijazah, piagam penghargaan, KK. Akta kelahiran adalah contoh dokumen yang wajib Anda laminating. Sebaiknya, saat digandakan atau dikopi sebaiknya dilaminating sekalian dokumen-dokumen berharga Anda.

Beri Kapur Barus

Meskipun kadang tampilannya menggugah selera, kapur barus bukan untuk dimakan yah. Gunakan kamper/kapur barus dalam tempat penyimpanan untuk mengusir ngengat dan mengurangi kelembaban. Periksa beberapa bulan sekali agar ruang penyimpanan kena sirkulasi udara dan menjaga agar dokumen tidak lengket. Kembalikan dokumen ke tempatnya semula setelah Anda gunakan.

Selalu Kembalikan Seperti Semula

Untuk menghindari kehilangan berkas penting, apabila sudah selesai dengan salah satu berkas, sebaiknya segera dikembalikan ke tempat semula, serta setiap Anda mendapatkan satu berkas lain, segera simpan dalam dokumen keeper yang telah dipersiapkan.

SAMPUL MAP IJAZAH RAPORT KURTILAS – Kami produsen sampul map ijazah dan raport yang sudah berpengalaman lebih dari satu dekade, kami sudah menangani berbagai sekolah, kampus/universitas, instansi dari berbagai wilayah nusantara. Kapasitas mesin pabrik kami sudah masuk dalam standar tender. Untuk Pemesanan KLIK! DISINI http://bintangnusantaramap.com/ | HOTLINE: (022) 6037483 / 081322422522 | E-mail: bintangnusantaramap@gmail.com

About the author

Tantri Ayu Wardani author

Leave a Reply