Cara Merawat Buku Agar Awet #2

ByTantri Ayu Wardani

Cara Merawat Buku Agar Awet #2

Cara Merawat Buku Agar Awet #2

 

  1. Jangan dicorat-coret

Untuk buku cetakan usahakan untuk tidak dicorat coret entah itu pakai pulpen ataupun pensil, karena dengan pensil pun ketika dihapus kertas menjadi lebih tipis. Gunakan sticky notes seperti post it atau merek lainnya (lebih mahala lebih baik) Karena ketika catatan tersebut dilepas, perekat pada catatan kertas tersebut nggak meninggalkan sisa di buku kita.

 

  1. Diberi Kapur Barus (kamper)

Bahan baku kertas berasal dari kayu yang dijadikan bubur kemudian dicetak menjadi lembaran-lembaran tipis, karena itu bisa mengundang rayap menggerogoti buku-buku kita. Umumnya buku-buku baru tidak dirayapi karena beberapa sudah diberi zat-zat kimia untuk bahan baku daur ulang kertas. Juga material plastik dalam pembuatan kertas licin. Namun untuk buku-buku yang masih menggunakan kertas asli umumnya masih bisa dirusak rayap. Maka dari itu rak buku boleh ditaburi kapus barus yang dihancurkan atau bubuk cengkeh agar buku kita terjaga dari rayap.

 

  1. Lakukan rotasi posisi buku setiap dua pekan sekali.

Jika memungkinkan, keluarkanlah buku-buku dari lemari dan letakan selama sehari di luar lemari. Bisa di atas meja atau di ruang terbuka yang tidak lembab.

 

  1. Cahaya Yang Cukup

Tak ada salahnya memberi lampu khusus dalam lemari buku hingga buku mendapat cahaya yang cukup. Sinar lampu menghambat ngengat masuk ke sela-sela buku.

 

  1. Mudah Dijangkau

Usahakan letak buku tidak berdekatan dengan lantai. Artinya tempat buku jangan di bagian paling bawah lemari. Pilihlah tempat yang memungkinkan buku enak dilihat dan mudah dijangkau. Pilihan bisa di bagian tengah atau atas.

 

SAMPUL MAP IJAZAH RAPORT KURTILAS – Kami produsen sampul map ijazah dan raport yang sudah berpengalaman lebih dari satu dekade, kami sudah menangani berbagai sekolah, kampus/universitas, instansi dari berbagai wilayah nusantara. Kapasitas mesin pabrik kami sudah masuk dalam standar tender. Untuk Pemesanan KLIK! DISINI http://bintangnusantaramap.com/ | HOTLINE: (022) 6037483 / 081322422522 | E-mail: bintangnusantaramap@gmail.com

About the author

Tantri Ayu Wardani author

Leave a Reply