Cara Membuat Cover Buku

ByTantri Ayu Wardani

Cara Membuat Cover Buku

Cara Membuat Cover Buku

 


Bangun subuh langsung Update, Oke, tema hari ini mengulas bagimana cara membuat cover buku dengan benar, cepat, dan mudah. Hal yang harus diperhatikan untuk memulai membuat desain cover buku adalah cover buku harus mewakili materi isi buku. Kemudian setelah mengetahui materi isi buku yang akan dibuat sampulnya, selanjutnya mencari referensi cover buku yang trend di saat ini. Desain cover buku yang sedang trend, baik dari sisi desain, teknik cetak, dan ukuran akan selalu menjadi perhatian orang, bahkan selalu ramai dibicarakan di media sosial. Semua hal di atas, jika dikerjakan dengan baik dan fokus, Ingsya Alloh akan menghasilkan sebuah karya yang mempunyai nilai jual yang tinggi.

 

Setelah mengetahui beberapa permasalah di atas, langkah selanjutnya membuat konsep desain. Konsep desain cover buku tersebut meliputi: ukuran buku; bahan; judul buku; nama pengarang; dan nama penerbit. Keempat komponen ini, merupakan hal yang wajib diperhatikan, karena itu semua merupakan salah satu identitas buku. Perlu menjadi catatan, untuk menentukan ukuran buku harus berhati-hati. Jika salah menentukan ukuran cover buku, maka bisa menjadi pemborosan kertas, mengapa demikian? Ukuran buku akan berpengaruh terhadap mesin cetak yang digunakan untuk mencetak. Beberapa ukuran buku yang direkomendasi, sebagai berikut: ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm); A5 (14,8 cm x 21 cm); dan B5 (17,6 cm x 25 cm).

 

Setelah membaca dua materi di atas, sekarang saatnya menentukan software desain grafis yang akan digunakan untuk merancang desain cover buku. Ada dua software desain grafis yang sangat bagus untuk membuat cover buku yaitu adobe photoshop dan adobe illustrator. Proses pembuatan cover buku selalu menggunakan dua software yang berbeda yaitu satu software untuk editing image dan satu lagi software berbasis vektor. Adobe photoshop digunakan untuk mengolah gambar, memanipulasi gambar, dan mendesain gambar dan untuk adobe illustrator akan digunakan untuk teks dan komponen cover buku yang berupa vektor, contohnya: judul buku; logo; nama pengarang; dan komponen lainnya.

 

Jika beberapa teori di atas sudah dipahami, maka hasil akhir dari desain cover buku tersebut tergantung kepada desainer grafisnya. Bagiamana cara membuat cover buku yang menarik, maka desainer grafis harus bekerja dengan keras dengan memikirkan ide-ide yang unik, menarik, trend, dan up to date. Demikian update hari ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

SAMPUL MAP IJAZAH RAPORT KURTILAS
Kami produsen sampul map ijazah dan raport yang sudah berpengalaman lebih dari satu dekade, kami sudah menangani berbagai sekolah, kampus/universitas, instansi dari berbagai wilayah nusantara. Kapasitas mesin pabrik kami sudah masuk dalam standar tender. Untuk Pemesanan KLIK! DISINI http://bintangnusantaramap.com/ | HOTLINE: (022) 6037483 / 081322422522 | E-mail: bintangnusantaramap@gmail.com

About the author

Tantri Ayu Wardani author

1 Comment so far

krestianaPosted on4:33 am - Jan 10, 2018

http://www.mapraport-ijazah-agenda.com LAMTORO menekuni usaha di Yogyakarta dalam bidang sampul-sampul plastik, percetakan dan hotprint emboss plastik. Produk kami sangat diperlukan di segala bidang usaha baik untuk melengkapi sarana maupun sebagai ajang promosi.

Leave a Reply