Cara Membuat Cover Buku Dengan Microsoft Word

ByTantri Ayu Wardani

Cara Membuat Cover Buku Dengan Microsoft Word

Cara Membuat Cover Buku Dengan Microsoft Word

Jika anda seorang penulis buku, pasti anda sudah terbiasa membuat cover buku yang menarik dengan menggunakan komputer dan menggunakan aplikasi – aplikasi canggih pembuat disain cover yang menarik seperti photoshop, coreldraw dan sebagainya. Namun bagi seorang pemula, atau seorang yang belum terlalu mahir untuk menjalankan aplikasi tersebut, maka akan kesulitan untuk membuat sebuah cover buku. Namun anda tidak perlu khawatir, karena ternyata anda juga bisa membuat sebuah cover buku dengan menggunakan Microsoft Word. Ya, kebanyakan orang akan lebih familiar mendengar aplikasi ini. Microsoft word merupakan aplikasi yang banyak digunakan orang untuk urusan ketik mengetik, baik surat, tugas kuliah, skripsi, laporan pekerjaan, undangan dan sebagainya.

 

Dengan menggunakan Microsoft word ini anda dapat dengan mudah membuat suatucover buku atau juga mungkin makalah. Bahkan menu untuk membuat cover buku ini juga dilengkapi background gambar yang menarik serta textbox yang bisa anda ubah sendiri. Bagaimana caranya? Bagi anda yang belum mengetahui cara membuat cover dengan Microsoft Word, simaklah baik – baik tulisan saya di bawah ini.

 

  1. Terlebih dahulu tentunya anda buka Microsoft Word pada komputer atau laptop anda, baik Microsoft Word 2007, 2010 atau 2013.
  2. Kemudian pada menu bagian atas, Klik menu Insert.
  3. Selanjutnya anda pilih dan klik menu coverpage yang ada pada bagian kiri di menu insert tersebut.
  4. Setelah anda klik Coverpage, maka secara otomatis akan keluar tampilan pilihan berbagai jenis bentuk cover. Selanjutnya anda pilih tampilan cover sesuai dengan selera anda.
  5. Setelah di klik salah satu jenis cover, maka tampilan layoutword anda akan menjadi sebuah bentuk cover buku. Kemudian anda bisa mengetikkan judul sesuai dengan yang anda inginkan.Disinilah salah satu kelebihan menu coverpage, anda sudah disediakan tempat untuk menuliskan judul buku anda.
  6. Anda juga dapat memberi warna background pada covertersebut sesuai dengan warna background yang anda inginkan, caranya adalah dengan klik pagelayout, lalu anda klik menu pageColor, secara otomatis akan muncul pilihan warna, anda pilih warna yang sesuai dengan selera anda. Jika sudah di klik, otomatis bagian cover buku tersebut ada yang berubah warna.
  7. Anda juga dapat menambah hiasan berupa gambar untuk membuat cover buku anda lebih menarik. Caranya adalah dengan klik menu insert, kemudian klik menu picture, selanjutnya pilih gambar yang ingin ditambahkan pada cover buku anda.
  8. Edit gambar sesuai ukuran yang anda inginkan agar lebih menarik.

 

Jika sudah selesai, maka anda telah mendapatkan cover buku yang cukup menarik tentunya hanya dengan menggunakan Microsoft Word. Memang jika anda menggunakan aplikasi lain seperti photoshop atau coreldraw tampilan cover baik warna maupun gambarnya akan lebih menarik karena aplikasi tersebut memang dibuat untuk membuat disain – disain menarik, tetapi tentu saja untuk mempelajari aplikasi tersebut perlu waktu yang cukup lama untuk benar – benar menjadi mahir. Bagi anda yang memang pemula, atau tidak begitu banyak waktu untuk mempelajari photoshop maupun coreldraw, tentu saja membuat cover menggunakan Microsoft Word adalah solusinya. Selamat mencoba dan teruslah berkreasi.

SAMPUL MAP IJAZAH RAPORT KURTILAS – Kami produsen sampul map ijazah dan raport yang sudah berpengalaman lebih dari satu dekade, kami sudah menangani berbagai sekolah, kampus/universitas, instansi dari berbagai wilayah nusantara. Kapasitas mesin pabrik kami sudah masuk dalam standar tender. Untuk Pemesanan KLIK! DISINI http://bintangnusantaramap.com/ | HOTLINE: (022) 6037483 / 081322422522 | E-mail: bintangnusantaramap@gmail.com

About the author

Tantri Ayu Wardani author

Leave a Reply