Bagaimana Asal Usul Medali

Byniken swastika

Bagaimana Asal Usul Medali

Sebenernya apa fungsi medali? Sudah tidak asing lagi, bahwa medali identik dengan kemenangan. Berbagai macam medali dimulai dari medali emas, medali perak, dan peringkat ketiga medali perunggu. Namun bagaimana asal usul medali yang sesungguhnya?

 

 

Medali mewakili nilai-nilai Olympisme: Persahabatan, kehormatan, dan keunggulan dalam menghormati lawan. Bagi para pemenang, medali adalah simbol abadi kerja keras, latihan, ketahanan, sportivitas, dan kemuliaan tertinggi bagi dirinya sendiri dan bagi negaranya. Para pemenang Olimpiade Yunani kuno tidak mendapat medali samasekali. Sebuah karangan bunga zaitun diletakkan di atas kepala sang juara. Peringkat kedua dan ketiga tidak mendapatkan apa-apa.

Pada tahun 1896, tahun pertama Olimpiade modern digelar, hanya juara pertama dan kedua yang diakui. Karena perak dianggap lebih berharga ketimbang emas pada waktu itu, pemenang pertama dianugerahi medali perak dan sebuah mahkota dari cabang bunga zaitun. Para atlet yang menduduki peringkat kedua mendapatkan medali perunggu dan mahkota laurel. Setiap atlet yang berpartisipasi dalam Olimpiade menerima medali kenang-kenangan.

Pemberian medali kepada tiga pemenang teratas pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904. Pada tahun yang sama, medali perak  untuk juara pertama digantikan dengan medali emas. Medali emas pertama terbuat dari emas murni dan diberikan sampai tahun 1912. Namun saat ini, medali “emas” sebenarnya terbuat dari sterling silver yang dilapisi dengan lapisan tipis emas murni.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang menentukan dimensi dan bahan medali. Negara tuan rumah selaku panitia yang mendesain dan memoles medali harus mendapat persetujuan IOC. Setiap ukuran medali harus sesuai dengan regulasi, yakni berdiameter 5 cm dengan ketebalan sekitar 2,5 mm. Baik medali emas maupun perak harus mengandung 92,5% perak dan medali emas harus dilapisi emas 0,6 gram. Medali perunggu dibuat dari perunggu murni.

 

About the author

niken swastika administrator

Leave a Reply