6 Tips Cara Membuat Cover Buku yang Menarik

Byniken swastika

6 Tips Cara Membuat Cover Buku yang Menarik

6 Tips Cara Membuat Cover Buku yang Menarik

Menyampul buku – Cover buku yang memiliki tampilan ataupun desain yang menarik adalah trending untuk saat ini.  Tampilan memang menjadi nomer satu untuk  menarik perhatian custemer. Dibandingkan memiliki tampilan yang biasa saja tentunya kurang memikat seorang custener untuk tertarik.

Buat para penulis ataupun pembuat sebuah desan pasti harus memiliki ide yang bagus agar telihat cover buku yang mereka buat menarik perhatian semua orang. Jangan menilai sebuah buku dari sampulnya itu adalah pepatah yang sering kita dengar. Tetapi kata-kata tersebut sebuah pepatah yang kenyataannya pasti lebih melihat tampilan cover terlebih dahulu. Berikut ini tips cara membuat cover buku yang menarik :

1. Temukan Inspirasi dan Ide untuk Desain Cover Buku

Untuk membuat sebuah cover buku yang menarik, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari inspirasi desain yang kamu gunakan untuk cover bukumu. Aspek utama dari sebuah cover buku yang mesti kamu perhatikan adalah kekuatan penyampaian pesan yang ditampilkan dari visualnya. Kamu harus memastikan bahwa cover bukumu mampu menarik perhatian orang-orang yang menjadi target pasarmu.

Kamu bisa mencari inspirasi dengan melihat buku-buku lain dari genre yang sama, khususnya buku bestselling. Saat memperhatikan desain buku tersebut, kamu akan menemukan pola visual dan elemen-elemen tertentu yang muncul berulang kali. Hal ini tentu bukan hanya kebetulan semata, GenK. Dalam upaya pemasaran sebuah buku, perusahaan penerbit biasanya selalu berpatokan dari buku yang paling populer dari genre yang sama.

2. Memilih Software Desain Cover Buku

Mendesain cover sebuah buku dapat kamu lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi digital. Pada dasarnya, hampir semua software desain grafis bisa kamu gunakan untuk membuat desain sampul buku.

Buat kamu yang belum mahir mendesain, aplikasi desain seperti Canva bisa kamu jadikan pilihan untuk membuat desain sampul bukumu. Hasilnya juga gak kalah ciamik loh. Sementara untuk kamu yang sudah berpengalaman dalam bidang desain, aplikasi profesional seperti Adobe InDesign dan Adobe Photoshop bisa membantumu untuk menciptakan sampul buku yang oke punya.

3. Memilih Elemen Grafis

Jika kamu berencana untuk mempublikasikan bukumu secara luas, kamu wajib mempertimbangkan penggunaan elemen-elemen visual pada sampul bukumu. Hal ini terkait dengan Hak Cipta yang biasanya ada pada gambar-gambar di internet.

Menggunakan gambar dengan copyright secara ilegal bisa membuatmu terkena masalah nantinya. Oleh sebab itu, kamu harus benar-benar memastikan dari mana sumber gambar maupun elemen-elemen visual lain yang digunakan pada cover bukumu.Kamu bisa mengambil foto sendiri sebagai bahan sampul atau menggunakan jasa fotografer profesional.

Nah, kalau kamu jago gambar, kamu juga bisa membuat sendiri visual yang kamu inginkan untuk cover bukumu. Hasilnya dijamin orisinil, unik, dan pastinya akan terasa lebih istimewa.

4. Menentukan Dimensi Cover

Tahap berikutnya dalam pembuatan cover buku adalah penentuan dimensi desainnya. Jika kamu berniat untuk membuat sebuah ebook, Amazon merekomendasikan ukuran ideal 2,560×1,600 pixels untuk sampul buku elektronik. Tapi gak perlu khawatir, GenK, kamu bisa mencoba berbagai ukuran aspek rasio lain sesuai dengan keinginanmu. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut, kamu bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang cara membuat ebook nih.

Sementara untuk buku cetak, cara membuat cover-nya sedikit lebih kompleks dibanding buku elektronik. Setiap genre buku memiliki standar ukuran spesifik yang biasa digunakan di tempat percetakan.

5. Pemilihan Tipografi

Elemen tipografi atau penggunaan huruf-huruf di sampul bukumu juga menjadi hal esensial lain yang tak boleh terlewat.

6. Kumpulkan Feedback

Jika kamu kebingungan dalam menentukan pilihan dari dua desain cover buku, cobalah menanyakan pendapat calon pembacamu, GenK. Yap, salah satu cara memilih desain terbaik untuk sampul bukumu adalah dengan meminta beberapa orang untuk memilih salah satu dari desain yang kamu buat.

Kamu bisa membagikan contoh desain bukumu ke media sosial dan buatlah polling untuk melihat pendapat orang-orang saat melihat karyamu. Setelah itu, pilihlah desain cover buku yang paling banyak diminati. Membuat cover buku tidak sesulit yang kamu bayangkan bukan? Semoga tips-tips yang kami berikan di atas bisa berguna untuk membantumu membuat sampul buku yang menarik.

About the author

niken swastika administrator

Leave a Reply